STIT Mamba’ul Hikam PALI Gelar Seminar Penulisan Artikel Jurnal dan Open Journal System

PALI, 11 Agustus 2024 – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mamba’ul Hikam Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyelenggarakan seminar bertajuk “Penulisan Artikel Jurnal dan Open Journal System” pada hari ini. Acara tersebut dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, serta peneliti yang antusias mengikuti setiap sesi materi.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penulisan ilmiah di kalangan akademisi STIT Mamba’ul Hikam. Para peserta dibimbing mengenai teknik penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar agar layak dipublikasikan di jurnal terakreditasi. Selain itu, peserta juga dikenalkan dengan sistem Open Journal System (OJS), yaitu platform digital yang banyak digunakan untuk manajemen penerbitan jurnal secara daring.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar ini adalah Riski Angga Putra, S.Sos.I., M.A., seorang ahli di bidang penulisan artikel ilmiah dan penerbitan jurnal, serta Dosen di STIT MH PALI yang juga merupakan “Editor In Chief Journal Al Hikam”. Dalam paparannya, menjelaskan pentingnya memahami struktur artikel ilmiah yang sesuai dengan standar internasional serta bagaimana menggunakan OJS untuk mempermudah pengelolaan dan distribusi jurnal.

Ketua STIT Mamba’ul Hikam PALI, Dr. KH. M. Erlin Susri, M.Pd.I., dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar ini merupakan bagian dari upaya kampus untuk mendorong budaya akademis yang lebih produktif dan berbasis penelitian. “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, dosen dan mahasiswa semakin termotivasi untuk menulis artikel ilmiah yang berkualitas, serta memanfaatkan teknologi OJS dalam publikasi karya ilmiah mereka,” ujarnya.

Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas peserta dalam menghasilkan karya ilmiah berkualitas, sekaligus memperkuat posisi STIT Mamba’ul Hikam PALI sebagai lembaga pendidikan tinggi yang aktif dalam publikasi akademik di tingkat nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *