Sejarah P3M

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mamba’ul Hikam (STIT MH) PALI adalah salah satu lembaga yang berada dalam naungan Yayasan Mambaul Hikam Pali yang beralamat di Desa Prambatan Kec.Abab Kab. Pali, dan berkantor cabang di komplek Pesantren Tarbiyatul Islamiyah MH. Jl. Merdeka KM.10, belakang Perumahan Alam Pendopo, Kelurahan Handayani Mulia, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan.

Berdirinya STIT Mamba’ul Hikam Pali berlatar belakang dari pemikiran dan ide Ketua Yayasan Mamba’ul Hikam Pali Dr. M. Erlin Susri, S.Sos.I., M.Pd.I beliau adalah Mua’asis/Pendiri Yayasan Mamba’ul Hikam Pali. Dari latar belakang tinjauan pendiri terhadap kondisi dan SDM Masyarakat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang masih Minim Sarjana, baik pendidik ataupun tenaga kependidikan khususnya pendidikan Agama, dan umumnya di tingkat sektor pemerintah daerah, hal ini dibuktikan minimnya tenaga kerja di Kab. PALI yang sarjana, selain hal tersebut pertimbangan lain adalah tidak adanya Sekolah Tinggi di Kabupaten PALI, dimana Masyarakat PALI yang akan meneruskan pendidikan Tinggi harus merantau ke Luar Daerah. Untuk memenuhi kebutuhan Masyaratakat tersebut, niat dan tekad untuk mendirikan Sekolah Tinggi di Kabupaten Pali pun diwujudkan oleh Ketua Yayasan Mamba’ul Hikam.

Untuk merealisasikan cita-cita pendirian STIT tersebut, melalui kesepakatan bersama pengurus Yayasan Mamba’ul Hikam maka pada Senin tanggal 11 April 2017 diadakan rapat Yayasan dengan dihadiri oleh jajaran pengurus Yayasan Mamba’ul Hikam disepakati dan ditetapkan tentang Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mamba’ul Hikam.

Borang/proposal usulan pendirian Sekolah Tinggi Mamba’ul Hikam Pali mendapatkan rekomendasi dari usulan surat permohonan ketua Yayasan Mamba’ul Hikam Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumsel dengan No: 125/YMH/03/2017 tanggal 27 September 2017.

Alhamdulillah dengan keluarnya surat dukungan dan rekomendasi dari beberapa pihak, mulai dari Kepala Daerah, ketua DPRD, Kakan Kemenag Pali dan terakhir rekomendasi dan dukungan dari Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Wilayah VII Sumatera bagian Selatan Nomor: B229/Sekretaris/Kop. VII/2017 Tanggal 20 November 2017 maka panitia pendririan STIT MH bisa meneruskan Proposal Pendirian STTT MH ke Jakarta pada tanggal 29 Januari 2018 serah terima proposal pendirian STIT MH diterima oleh Direktoran Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia di Jalan Lapangan Banteng Jakarta Barat.

Setelah keluarnya izin pendirian yang dikeluarkan oleh Keputusan Menteri Agama No. 293 Tahun 2019 maka kurun lebih beberapa bulan sejak saat itu Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dibentuk dan di SK kan oleh Ketua STIT Mamba’ul Hikam Pali.

Kegiatan Penelitian dan pengabdian masyarakatdi STIT MAMBA’UL HIKAM PALI dikoordinasi oleh Bidang Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M). Dalam rangka menunaikan agenda penelitian dan pengabdian masyarakat dan menjamin keberlangsungan serta menjaga keunggulan kegiatan P3M, STIT Mamba’ul Hikam PALI telah mencanangkan penelitian-penelitian unggulan dan strategis dalam rangka akselerasi STIT Mamba’ul Hikam PALI yang unggul dan terkemuka, yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (Renstra P3M) STIT Mamba’ul Hikam PALI untuk Periode Tahun 2020 s/d 2024 yang merupakan dari Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (RIP3M) STIT Mamba’ul Hikam PALI 2020 s/d 2024.

Renstra Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STIT Mamba’ul Hikam PALI memiliki tema pokok yaitu; “Membangun Generasi yang Unggul yang berlandaskan unification of sciene and religion menuju arsy al-ulum wa al-din wa al-tsaqafah”, yang selaras dengan cita-cita para pendiri STIT Mamba’ul Hikam PALI. Tema tersebut kemudian diuraikan ke dalam 12 (dua belas) bidang unggulan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yaitu:

  1. Kajian Pendidikan Keislaman (Kajian mengenai konsep, implementasi, dan fenomena serta budaya di lingkungan pendidikan Islam);
  2. Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam (Kajian mengenai manajemen lembaga pendidikan Islam formal dan Non fromal);
  3. Manajemen Pengajaran, Evaluasi Pendidikan dan Non Kependidikan (Manajemen pengajaran, evaluasi pendidikan dan evaluasi tenaga kependidikan);
  4. Plurarisme dan Keragaman (Keragaman dalam etnis budaya, sosial dan tradisi keagamaan);
  5. Kemajuan Global (Generasi milenial dan isu-isu keislaman, studi kawasan dan globalisasi serta ekonomi);
  6. Pengabdian kepada Masyarakat Kolaborasi ;
  7. Pengabdian kepada Masyarakat Inovatif Berbasis Moderasi Beragama;
  8. Pendampingan/Pemberdayaan Masyarakat di Daerah 3T;
  9. Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Riset Unggulan Nasional;
  10. Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Program Studi (Pusat);
  11. Pemberdayaan/Pendampingan Masyakarat berbasis Lembaga Keagamaan;
  12. Stimulan Pendampingan Komunitas Kolaborasi Antar lembaga;