“PALI Got Talent” P3M STIT-MH PALI Gelar Student Literacy and Art PALI

#SahabatP3M, (Senin, 31 Juli 2023) Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIT MH-PALI Gelar Goes To School “PALI Got Talent” Student Literacy and Art PALI.

Kegiatan ini perdana dilaksanakan di SMA YKPP dan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMA YKPP Bpk. Drs. H. Solihin, juga hadir Ketua STIT Mamba’ul Hikam PALI yang diwakili oleh Kepala Pusat Penjamin Mutu Bpk. Alip Kamaron, M.Pd. didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bpk. Riski Angga Putra, S.Sos.I., M.A. sebagai Narasumber, dan Pegiat “CLAPA” (Comunity Literasi and Art PALI) Ibu. Rosa Safitri, S.Sos.

Kepala Sekolah SMA YKPP Bpk. Drs. H Solihin menyampaikan dalam momen kata sambutannya bahwa; “Ini adalah kegiatan yang sangat penting dan berguna untuk kelanjutan masa depan studi anak-anak, maka kami sangat berterimakasih sekali kepada pihak STIT Mamba’ul Hikam PALI yang telah menyisihkan waktu dan kesibukannya untuk kepedulian masa depan anak-anak sekolah dalam konteks pendidikan literasi, kedepan kami berharap kegiatan ini akan terus ada disetiap tahunnya”. Ungkap beliau.

sementara itu Ketua STIT-MH PALI dalam hal ini diwakili oleh Bpk. Alip Kemaron, M.Pd. dalam kata sambutannya beliua menjelaskan; “Gerakan literasi siswa ini memiliki peran penting dalam membantu siswa meraih keberhasilan akademis dan membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meningkatkan tingkat literasi siswa, diharapkan mereka akan menjadi individu yang lebih berdaya, berpikiran kritis, dan mampu berpartisipasi secara aktif dalam masyarakat”. jelasnya.

Tujuan utama kegiatan “PALI Got Talent” Student Literacy and Art PALI ini tidak hanya untuk mencari dan mengembangkan keterampilan literasi yang kuat sehingga siswa-siswi dapat menjadi pembaca yang cerdas, penulis yang terampil, dan komunikator yang efektif. akan tetapi jauh lebih mendalam, akan tiba masanya pada satu dekade dimana kemajuan teknologi di dunia cukup pesat terlebih kita akan menghadapi situasi demographic dividend. ditambah juga kehadiran Artificial Intelligence (AI), atau kecerdasan buatan, adalah sebuah kecerdasan yang ditunjukkan oleh mesin (seperti komputer, smartphone, aplikasi, perangkat lunak, dan lain sebagainya), dimana tantangan kedepan tenaga manusia akan digantikan dengan tenaga dan kecerdasan Robotik.

Tinjauan analisis inilah yang mendorong Pusat Peneletian dan Pengabdian Masyarakat (P3M STIT-MH PALI) mewujudkan giat “Student Literacy Movement and Art PALI” untuk menyiapkan SDM siswa siswi yang ada di Kab. Penukal Abab Lematang Ilir untuk siap beradaptasi akan perubahan kemajuan zaman teknologi. Dimana gerakan literasi yang dimaksud tidak hanya sebatas menulis dan membaca namun kedepan SDM generasi Z harus mulai dengan empat gerakan karakter Literasi yaitu; “Critical Thingking, Collaboration, Communication, dan Creativity”. (ungkap Kepala P3M STIT-MH PALI Bpk. Riski Angga Putra, S.Sos.I., M.A.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *